Sensasi Nasi Karak Khas Gresik

Posted: Oktober 19, 2010 in About my Town
Tag:

KOTA (beritagresik.com) – Jika berbicara tentang nasi karak, persepsi Anda jangan tertuju pada nasi sisa atau basi yang dijemur hingga kering kemudian dimasak lagi. Nasi karak yang ini murni dibikin dari beras yang memang dimasak khusus untuk karak.

Ada dua jenis karak. Pertama, karak putih berasal dari beras yang ditambahi sedikit air kapur, sirih, dan garam, kemudian ditanak seperti nasi pada umumnya. Kedua, karak hitam, berasnya ditambah campuran ketan hitam agar menghasilkan warna hitam dan diberi garam. Agar lebih sedap, biasanya waktu menanak dimasukkan daun pandan.

Nasi Karak

Untuk lauknya, nasi karak ditemani godho tempe (gimbal tempe), bali belut, dan parutan kelapa serta poya. “Nasi karak nggak afdol kalau nggak ada poya kuningnya (parutan kelapa diberi bumbu kemudian disangrai dan dihaluskan),” kata Mbak Mumuk, penjual nasi karak di Karangpoh, Kecamatan Gresik.

Biasanya, kata Mumuk, pembeli minta godho tempe yang masih panas. Jadi langsung diambilkan dari wajan penggorengan. “Memang lebih mantap kalau godho tempenya yang panas kebul-kebul, nggak apa apa nunggu sebentar,” kata Hendiyar, pelajar SMP yang sudah berseragam sekolah itu untuk sarapan pagi.

Menurut Chusnul hari (65 thn), warga Trate, Kecamatan Gresik, ketika dia masih anak-anak sampai sekarang, nasi karak bentuknya tidak berubah. “Bedanya kalau dulu bungkusnya menggunakan daun pisang atau daun jati, sekarang pakai kertas coklat (kertas minyak). Itu saja bedanya,” kata mantan ketua RT ini menjelaskan.

Dari pengamatan BeGres, penjual nasi karak saat ini masih bisa ditemukan di kampung-kampung, terutama di wilayah kecamatan Gresik bagian utara. Biasanya mereka berjualan pagi hari dan hanya beberapa jam saja. Ya, nasi karak, nikmat dan gurihnya memberikan sesasi tersendiri di lidah. (Elv)

Sumber :http://beritagresik.com/?p=782

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s