(Sekilas) Ramadhan di Gresik

Posted: Oktober 19, 2010 in About my Town
Tag:
Seperti kota-kota di Indonesia pada Umumnya,Gresik memiliki tradisi khas setiap bulan Ramadhan.Tradisi-tradisi itu sangatlah mencerminkan kota Gresik baik secara simbolis “Gresik berhias Iman” maupun secara teroroial “kota pesisir” tradisi itu sangat tampak saat menjelang dua pertiga perjalanan bulan Ramadhan,misalnya kegiatan keagamaan “itikaf “di masjid yang masi sangat membudaya serta  beberapa pesta rakyat antara lain seperti perayaan malam dua lima (dsb.malem selawe) dan pasar Bandeng.
Sangat kental memang budaya religi Gresik khususnya di bulan Ramadhan. Hal itu sangat tampak ketika kita jalan-jalan di kota pudak tersebut,suasana religi itu  tercermin dengan banyaknya tempat ibadah disetiap jalanan bahkan didaerah perkampungan-perkampungan, yang umumnya didalam tempat peribadatan tersebut  diimbangi dengan kegiatan keagamaan,ditambah lagi dengan tak pernah sepinya  tempat ziarah seperti sunan Malik Ibrahim dan Sunan Giri dari kunjungan-kunjungan peziarah baik dari lingkup lokal Gresik maupun dari luar kota,hal-hal tersebutlah menjadi nilai lebih  suasana Khas religi kota Pudak(1) itu. nuansa seperti religi semakin terlihat atau tampak ketika memasuki dua pertiga perjalanan bulan Ramadahan.misalnya itikaf(2)dan lain-lain.

Selain itu  bulan Ramadhan di Gresik selalu tak luput dengan pesta rakyat yang meriah. Seperti Perayaan malem selawe, seperti namanya “malem selawe (bahasa jawa)” yang dalam bahasa Idonesia berarti  “malam dua lima”itu di adakan tepat pada malam ke 25 bulan Ramadhan di daerah Sunan Giri,bentuk acaranya seperti Pameran Tradisional. Adapun persta rakyat lainnya yaitu pasar Bandeng acara ini diadakan Malam ke duapuluh tujuh(27) bulan ramadhan di sekitar pasar Gresik dan sekitarnya, Pesta rakyat ini hampir mirip dengan malam dualima (pameran tradisonal) namun dalam pasar bandeng ini yang membedakan  adalah acara  Dasar nya yang khas pesisir yakni amal pelelangan ikan bandeng. Itulah kurang lebih  gambaran ke Khasan kota Gresik di Bulan Ramadahan. 

————————————————CMIIW————————————–

(1). Pudak adalah makanan/kue khas kota GresikJawa TimurIndonesia. Makanan ini terbuat dari bahan tepung beras, gula pasir/gula jawa dan santan kelapa yang dimasukan kemasan terbuat dari bahan yang disebut “ope” yaitu [ [pelepah daun pinang ]]. Pudak juga ada yang berbahan sagu dan disebut pudak sagu
(2).”itkaf’ adalah berrarti berdiam diri di masjid sebagai ibadah yang disunahkan untuk dikerjakan di setiap waktu (diutamakan pada bulan suci Ramadhan), dan lebih dikhususkan sepuluh hari terakhir untuk mengharapkan datangnya Lailatul Qadr yang didalamnya dikerjakan ibadah-ibadah lainnya misal,tadaburdan lain-lain)

Sumber : http://po-box2000.blogspot.com/2010/09/sekilasramadhan-di-gresik.html

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s